Bandara Penang Bikin Kebijakan Unik Agar Turis Cinta Lingkungan

TrubusTravel
Diah Fauziah | Followers 0
08 Nov 2018   14:30

Komentar
Bandara Penang Bikin Kebijakan Unik Agar Turis Cinta Lingkungan

Ilustrasi. (Foto : Twitter)

Trubus.id -- Para pelaku bisnis di Bandara Internasional Penang akan berhenti memberikan sedotan plastik dan barang-barang plastik sekali pakai setelah bekerja sama dengan Dewan Kota Pulau Penang (MBPP) dalam rangka membatasi sampah plastik yang tidak perlu.

Ke-19 operator di bandara akan memulai proyek percontohan dan mengadvokasi perlindungan lingkungan bagi para turis.

Wali Kota MBPP, Datuk Yew Tung Seang, mengatakan jika kebijakan ini diterapkan setelah program Say No to Plastic Straws and Single-Use Plastics yang dicoba pada Juni lalu mendapat respon luar biasa.

Baca Lainnya : Luhut Binsar Pandjaitan: Mari Kita Bikin Sampah Plastik Jadi Musuh Bersama

"Melihat dukungan dari semua pihak, kami memutuskan untuk menerapkan hal ini di bandara bagi turis yang berkunjung ke Penang," kata Datuk Yew.

Meski tidak ada target yang ditetapkan untuk pengurangan limbah plastik, Datuk Yew berharap kebijakan ini bisa menanamkan rasa cinta lingkungan bagi semua turis yang berkunjung ke Malaysia, terutama Penang.

Dalam rangka membatasi sampah plastik yang tidak perlu, pelaku bisnis di Bandara Internasional Penang tidak akan memberikan sedotan plastik dan kantong plastik sekali pakai untuk semua turis yang belanja. Foto: The Star/ Asia News Network.

Walau begitu, manajer senior di Bandara Penang, Mohd Nadzim Hashim, mengatakan jika semua limbah di bandara telah dipisahkan. Pemisahan limbah sampah berada di bawah sistem manajemen lingkungan.

Baca Lainnya : Tak Secantik Namanya, Pulau Indah di Malaysia Penuh dengan Sampah Plastik

"Pekerja kami memisahkan sampah dalam berbagai kategori seperti kaca, kertas, alumunium dan plastik. Limbah paling umum yang dikumpulkan adalah botol dan bungkus makanan," ujar Nadzim.

Well, patut ditiru nih di semua bandara yang ada di Indonesia. Bagaimana menurut Trubus Mania? [DF]

  

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Rahasia Alami untuk Menghindari Jet Lag

Diah Fauziah   Bacpacker
Bagikan: