Jet Lag Bisa Menyebabkan Kanker dan Diabetes

TrubusTravel
Diah Fauziah | Followers 0
06 Nov 2018   18:00

Komentar
Jet Lag Bisa Menyebabkan Kanker dan Diabetes

Jet lag dapat menyebabkan seseorang mengalami sulit tidur, gangguan pencernaan dan kelelahan di siang hari. (Foto : Science ABC)

Trubus.id -- Jet lag terjadi ketika sel-sel otak yang mengatur ritme sirkadian seseorang tidak sesuai dengan zona waktu di mana mereka berada, kata Jamie Zeitzer, asisten profesor di Pusat Ilmu Tidur dan Kedokteran Universitas Stanford di Inggris.

Sirkadian merupakan perputaran waktu selama 24 jam, berfungsi sebagai jam utama tubuh seseorang yang memberi tahu kapan kita harus bangun tidur, makan atau tidur. Jet lag muncul ketika seseorang memaksa tubuhnya untuk tidur, makan, dan bangun pada saat yang tidak sesuai dengan jam tubuh sirkadian internal Anda.

"Jet lag terjadi saat tubuh belum siap menangani masalah ini, menghasilkan konflik antara pikiran dan tubuh. Dan, perselisihan antara apa yang menurut tubuh seharusnya dilakukan, seperti tidur, dengan apa yang ingin seseorang lakukan hari itu, misalnya jalan-jalan di tempat tujuan. Tentu, jet lag ini dapat mengakibatkan sejumlah penyakit fisik," kata Jamie kepada Time.

Baca Lainnya : Rahasia Alami untuk Menghindari Jet Lag

Menurutnya, jet lag dapat menyebabkan seseorang mengalami sulit tidur, gangguan pencernaan dan kelelahan di siang hari.

"Bisa mengurangi kinerja mental dan fisik serta gangguan fungsi kekebalan tubuh," jelasnya.

Ia melanjutkan, "Cenderung menjadi lebih buruk ketika seseorang bepergian melintasi zona waktu. Semakin banyak zona waktu yang dilewati, semakin buruk keadaannya."

Studi lain yang dilakukan peneliti di University of Maryland di Amerika Serikat pada tahun 2016 lalu mengungkapkan jika jet lag lebih parah terjadi ketika seseorang bepergian ke timur, daripada berlibur ke barat.

Baca Lainnya : Ini Tips Atasi Jet Lag Bagi Si Kecil Ala Joe Taslim

"Lebih mudah memperpanjang hari manusia dengan terbang ke barat melintasi zona waktu daripada mempersingkatnya ketika terbang ke timur," kata studi tersebut.

Bahkan, penelitian lain yang dilakukan pada tahun 2009 mengungkapkan jika jet lag bisa meningkatkan risiko penyakit kardiovaskulas, diabetes tipe II dan kanker.

"Menjadi lebih buruk seiring bertambahnya usia," menurut American Academy of Sleep Medicine. [DF]

 

 


 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Rahasia Alami untuk Menghindari Jet Lag

Diah Fauziah   Bacpacker
Bagikan: