Rahasia Alami untuk Menghindari Jet Lag

TrubusTravel
Diah Fauziah | Followers 0
06 Nov 2018   16:30

Komentar
Rahasia Alami untuk Menghindari Jet Lag

Ilustrasi. (Foto : flightspro)

Trubus.id -- Tentu, bepergian ke luar negeri menjadi waktu yang ditunggu. Namun terkadang, jet lag yang dialami seseorang saat melakukan perjalanan melintasi beberapa zona waktu bisa menyebabkan liburan yang sudah direncanakan jauh hari jadi berantakan. Bagaimana pun, jet lag membuat seseorang lelah dan punya waktu kegiatan yang bertolak belakang dengan warga lokal.

"Jet lag dapat merusak liburan seseorang karena saat itu, kondisi tubuhnya tidak prima," kata Charmane Eastman, profesor di Departemen Ilmu Perilaku dan direktur di Biological Rhytms Research Laboratory di Rush University Medical Center, Chicago, Amerika Serikat.

Jumlah traveler yang bepergian ke luar negeri dengan pesawat terbang pada tahun 2017 mencapai 107,7 juta orang. Naik 3,5 persen dari tahun 2016, menurut data yang dikeluaran Departemen Transportasi di Amerika Serikat. Itu berarti, lebih banyak orang cenderung mengalami jet lag saat bepergian dengan pesawat terbang.

Nah, Trubus Mania tahu enggak kalau ada cara alami untuk menghindari jet lag?

Baca Lainnya : Cegah Jet Lag dengan 5 Persiapan Ini

"Cara terbaik untuk mengurangi jet lag dengan mendapatkan pencahayaan tepat yang akan menyetel kembali jam sirkadian internal Anda ke zona waktu baru di tempat tujuan," kata Jamie Zeitzer, asisten profesor di Pusat Ilmu Tidur dan Kedokteran Universitas Stanford, California, Amerika Serikat.

Ubah Jam Sirkadian

Jamie melanjutkan, "Secara umum, Anda ingin mendapatkan paparan cahaya pagi dan menghindari paparan cahaya malam ketika bepergian ke timur dan sebaliknya saat berlibur ke arah barat."

Trik lain untuk menghindari jet lag dengan secara bertahap menggeser jam sirkadian Anda ke zona waktu negara tujuan beberapa hari sebelum terbang.

"Untuk mengelabui jam sirkadian Anda jika siang dan malam telah berubah. Saran saya, ubah waktu tidur dan bangun secara bertahap setiap hari, tergantung perbedaan waktu di negara tujuan. Lakukan ini selama beberapa hari," ucap Charmane.

Foto: TripSavvy.

Jet lag akan menghilang saat jam internal seseorang kembali ke zona waktu negara tujuan. Tapi, butuh waktu bagi tubuh untuk beradaptasi.

"Tidak mudah bagi seseorang untuk tidur lebih awal atau lambat dari biasanya. Untuk membantu tubuh beradaptasi, gunakan lampu terang seperti kotak cahaya untuk membuat Anda tetap terjaga dan tidur dalam ruangan gelap agar lebih mudah. Namun, orang-orang dengan jam kerja tetap atau anak muda lebih sulit mengubah jadwal tidur mereka sebelum tidur," jelasnya.

Tetap Terhidrasi

Jika menggeser waktu tidur bukan pilihan tepat, ada cara lain untuk mengurangi jet lag. Jamie menyarankan untuk tetap terhidrasi dengan baik karena dehidrasi bisa memperparah gejala jet lag.

"Hindari minuman beralkohol di pesawat terbang karena bisa mengganggu tidur. Jangan lupa melakukan olahraga ringan di pesawat agar tetap terjaga. Sebaiknya, hindari makanan yang bisa menyebabkan gangguan pencernaan karena jet lag dapat mengakibatkan sakit perut," beber Jaime.

Baca Lainnya : Ini Tips Atasi Jet Lag Bagi Si Kecil Ala Joe Taslim

Mengubah jam makan, mengikuti waktu di tempat tujuan, bisa mengurangi beberapa gejala jet lag, menurut laporan peneliti dari University of Surrey di Inggris pada tahun 2018.

"Jika Anda berlibur ke Portugal, cobalah makan mengikuti waktu di Portugal agar tubuh dapat mulai menggeser ritme sirkardia," kata peneliti.

Melatonin, hormon alami yang bekerja dengan ritme sirkadian dapat membantu mengatasi jet lag. Tapi, konsumsi dalam dosis lebih kecil, beberapa hari sebelum bepergian.

"Saran saya, dosis melatonin yang boleh dikonsumsi berkisar satu hingga tiga miligram, dua jam sebelum tidur. Meminumnya lebih awal dalam dosis lebih kecil akan lebih efektif. Seperti obat lainnya, jangan lupa untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter," saran Charmane. [DF]

 

 

 


   

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: