Bulak Widoro, Destinasi Wisata Pertanian di Gunung Kidul

TrubusTravel
Karmin Winarta | Followers 0
03 Nov 2018   11:00

Komentar
Bulak Widoro, Destinasi Wisata Pertanian di Gunung Kidul

Destinasi wisata Bulak Widoro (Foto : http://gunungkidul.sorot.co)

Trubus.id -- Jogja memang istimewa. Kota pelajar ini begitu kreatif dalam menarik wisatawan ke wilayahnya. Salah satunya adalah apa yang dilakukan warga Desa Gejahan, Kecamatan Ponjong, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Warga di wilayah ini sangat kreatif dalam menciptakan destinasi wisata baru.

Mereka mengembangkan Bulak Widoro sebagai destinasi wisata yang berbasis lahan pertanian. Tujuannya untuk meningkatkan pendapatan para petani di wilayah tersebut.

Ide destinasi berbasis lahan pertanian ini berasal dari Riptanto Edy Wibowo. Awalnya pengembangan Bulak Widoro ini bertujuan mengurangi pemakaian pestisida pembubuh hama. Agar terbebas dari bahan kimia, mereka lalu menanam bunga matahari.

Baca Lainnya: ASITA Jogja Promosikan 4 Destinasi Wisata Kekinian
     
Warga setempat menyambut baik ide tersebut. Mereka lalu menyempurnakannya dengan membangun jembatan bambu dan rumah kayu untuk menambah keindahannya. Mereka berharap, dengan mempercantik tempat ini, akan lebih banyak wisatawan yang datang berkunjung.

Menurut Edi, sampai saat ini banyak pengunjung yang mendatangi tempat ini, baik dari Jogja maupun tempat lain. Destinasi wisata ini lebih memfokuskan pada edukasi pertanian kepada siapapun yang datang sekaligus sambil berwisata. Tidak hanya masyarakat umum, banyak anak-anak sekolah yang belajar pertanian di tempat ini.

Baca Lainnya: 12 Objek Wisata Ini Bisa Jadi Alternatif Kamu Selain Candi Borobudur

Penyuluh Pertanian Desa Gejahan, Heru Prasetyo mengatakan, konsep destinasi wisata ini adalah menggabungkan tanaman padi dan bunga dalam satu lahan pertanian.

Destinasi wisata Bulak WIdoro ini adalah bentuk kolaborasi antara para petani dan pemuda setempat. Para petani mengembangkan sawahnya sementara para pemuda mengembangkan pertanian bunga.  

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait