Wajib Coba, 7 Kuliner Khas Belitung yang Menggugah Selera

TrubusTravel
Ayu Setyowati | Followers 0
29 Okt 2018   20:15

Komentar
Wajib Coba, 7 Kuliner Khas Belitung yang Menggugah Selera

Berego, makanan khas Belitung terbuat dari tepung beras yang dicampur sagu dan ikan yang dihaluskan. (Foto : sportourism)

Trubus.id -- Pesona keindahan Pulau Belitung memang tak terbantahkan. Hamparan pasir putih dengan batuan karang yang kokoh menjadi pemandangan sempurna tak terlupakan. Namun, terasa kurang jika tak sekalian berburu makanan enak di pulau yang identik dengan film Laskar Pelangi ini.

Apa saja sih kuliner khas Belitung yang sayang untuk dilewatkan? Simak rangkumannya berikut ini.

Berego

Mirip lontong yang disajikan dengan kuah sayur bersantan. Dibuat dari tepung beras, dicampur sagu dan ikan yang dihaluskan. Hidangan ini dimasak dengan cara dikukus dan dibentuk menjadi gulungan-gulungan. Rasanya kenyal-kenyal mirip cimol. Cocok untuk menu sarapan atau ngemil sore karena porsinya tak terlalu mengenyangkan.

Mi Belitung Atep

Foto: pergi kuliner.

Hampir semua turis yang ke Belitung pasti bakal mampir untuk mencicipi makanan ini. Berbeda dari mi ayam atau pangsit, mi khas Belitung ini berupa mi kuning yang disiram dengan kuah udang. Di atasnya ada taburan bakwan udang, irisan timun, potongan kentang rebus, udang rebus, emping melinjo hingga taoge. Lengkap dengan aromanya yang khas, apalagi ketika disajikan di atas daun. Menurut sebagian orang, rasa kuahnya mirip dengan pempek.

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan: