5 Tips Cegah Dehidrasi Selama dalam Pesawat

TrubusTravel
Ayu Setyowati | Followers 0
29 Okt 2018   12:00

Komentar
5 Tips Cegah Dehidrasi Selama dalam Pesawat

Ilustrasi. (Foto : Flight Center)

Naik pesawat terbang saat traveling memiliki beberapa keunggulan. Waktu tempuh yang relatif lebih singkat menjadi alasan mengapa banyak orang memilih bepergian dengan pesawat terbang. Namun, apakah Trubus Mania tahu bahwa dehidrasi menjadi hal yang harus diwaspadai saat bepergian naik pesawat terbang?

Dehidrasi rentan terjadi saat naik pesawat terbang. Itu karena, kabin pesawat terbang umumnya memiliki kelembapan rendah, sekitar 20 persen saja. Bandingkan dengan kelembapan ruangan kamar biasa yang berkisar antara 30 hingga 35 persen.

Hal ini dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Mulai dari mata, hidung dan kulit kering, hingga badan yang terasa lemas karena kekurangan cairan. Semakin panjang durasi penerbangan traveler, semakin besar juga kemungkinan untuk mengalami dehidrasi. Agar terhindar dari dehidrasi saat bepergian naik pesawat terbang, coba aplikasikan beberapa tips sederhana namun berguna sebagai berikut.

Baca Lainnya : Meski Mirip, Kulit Kering dan Dehidrasi Itu Berbeda

1. Konsumsi cukup air

Cara paling utama mengatasi dehidrasi ialah mengonsumsi cairan dalam jumlah cukup. Dilakukan secara bertahap dengan jumlah yang tidak sekaligus banyak. Minum dalam jumlah banyak dalam satu waktu, cenderung membuat tubuh mengeluarkan cairan lewat urine dengan cepat. Membuatmu harus bolak-balik ke toilet selama penerbangan.

2. Hindari minuman yang mengandung alkohol atau kafein

Meskipun benar bahwa mengonsumsi cukup cairan bisa mencegah dehidrasi, Trubus Mania harus memilih dengan tepat jenis minuman tersebut. Minuman yang mengandung kafein seperti teh, kopi, dan soda, memiliki efek diuretik alias meningkatkan pengeluaran air lewat urine. Demikian pula dengan minuman beralkohol.

So, hindari minuman tersebut selama di pesawat terbang karena sifat diuretiknya justru akan meningkatkan kemungkinan dehidrasi. Pilihlah air mineral biasa atau jus buah. Jika ingin mengonsumsi minuman berkafein atau beralkohol, jangan berlebihan.

Baca Lainnya : Coba Trik Ini Untuk Hindari Dehidrasi

3. Gunakan kacamata, bukan ensa kontak

Jika menggunakan lensa kontak, sebaiknya lepaskan terlebih dahulu sebelum naik pesawat dan menggantinya dengan kacamata. Kondisi kabin pesawat yang kering akan membuat mata cepat kering. Jadi, penggunaan lensa kontak bisa menimbulkan ketidaknyamanan pada mata. Trubus Mania juga bisa membawa obat tetes mata yang bersifat lubrikasi alias melembapkan, untuk digunakan selama perjalanan jika matamu terasa kering dan tidak nyaman.

4. Aplikasikan losion pelembap

Kulit yang kering karena dehidrasi sering kali terasa tidak nyaman, gatal dan kemerahan. Karena itu, bawalah selalu losion pelembap favorit. Namun sebaiknya, pilih yang non parfum. Kandungan alkohol yang digunakan untuk melarutkan parfum ke dalam formulasi losion akan membuat kulit terasa kering. Aplikasikan secara berkala ke bagian kulit yang terasa kering saat berada dalam perjalanan, misalnya telapak tangan, lengan dan kaki.

5. Gunakan nasal spray

Bagi sebagian orang, rasa kering saat bepergian dengan pesawat terbang dapat terjadi pada hidung. Maka, tidak ada salahnya untuk membawa nasal spray alias semprot hidung yang bersifat melembapkan. Biasanya, semprotan hidung jenis ini mengandung larutan normal saline (natrium klorida), setipe dengan cairan mukosa tubuh. [DF]
 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: