Eloknya Ulu Kasok dan Gulamo, Wisata Ekologis Kekinian di Riau

TrubusTravel
M Syukur | Followers 0
21 Okt 2018   16:00

Komentar
Eloknya Ulu Kasok dan Gulamo, Wisata Ekologis Kekinian di Riau

Ulu Kasok , destinasi wisata kekinian di Riau (Foto : M Syukur)

Trubus.id -- Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Riau serta Kabupaten Kampar berencana mengembangkan ekologi wisata yang terdapat di puncak Ulu Kasok dan Sungai Gulamo. 

Lokasi wisata pertama dikenal dengan istilah Raja Ampatnya Kampar yang berada di Kecamatan XIII Kota Kampar. Sementara lokasi kedua berada di Desa Tanjung Alai, Kecamatan Kampar Kiri Hulu.

Menurut Kepala IAGI Pengurus Daerah Riau Irdaz Muzwar, dua lokasi ini dipilih karena unsur geologisnya sangat banyak dan menarik untuk dijadikan penelitian. Pihaknya juga akan menjadikan geologi di dua lokasi itu sebagai edukasi bagi wisatawan.

Baca Lainnya: Taman Nasional Zamrud, Ekologi Wisata Bermanfaat di Riau

"Nanti akan dijelaskan ke wisatawan bagaimana batu-batu di Gulamo terbentuk," kata Irdaz di Kota Pekanbaru, Sabtu petang, 20 Oktober 2018.

Dia menyebutkan, Ulu Kasok dan Gulamo tengah diteliti oleh ahli geologi di Riau bersama sejumlah mahasiswa dari Universitas Islam Riau. Hasilnya akan dipresentasikan dalam pertemuan 500 ahli geologi se-Indonesia yang akan rencanakan berlangsung dari 29 Oktober hingga 1 November 2018.

"Pemerintah Kabupaten Kampar dan Riau sangat mendukung ini," kata Irdaz.

Menurut Irdaz, batu-batu berbentuk tebing di kedua sisi Sungai Gulamo sangat unik. Hal ini dipercantik lagi dengan warna air hijau di sungai sehingga Gulamo selama ini disebut sebagai Grand Canyon-nya Riau.

Baca Lainnya: Pasar Teluk Jaring, Tempat Berlibur yang Cocok untuk Wisatawan Milenial

"Inilah yang nantinya dijelaskan ke wisatawan sebagai edukasi," kata Irdaz.

Di samping itu, Irdaz menyebut Kota Pekanbaru mendapat kesempatan lagi menjadi pertemuan IAGI. Ini kali keduanya setelah dilakukan pada tahu 2006 setelah mengalahkan beberapa provinsi yang juga mengajukan sebagai tuan rumah.

Kegiatan ini mengambil tema "Sustainable Management of Natural Resources and Environment for Indonesia". Sebanyak 500 ahli geologi se Indonesia disebut Irdaz akan hadir dalam pertemuan ini.

Selain akan menjadi proyek geologi wisata, di Riau kini sudah ada jurusan tersebut di Universitas Islam Riau. Kata Irdaz, Ini merupakan bidang studi satu-satunya yang ada di Riau. 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: