9 Destinasi Wisata Alam Liar Terbaik Dunia

TrubusTravel
Ayu Setyowati
05 Okt 2018   16:00 WIB

Komentar
9 Destinasi Wisata Alam Liar Terbaik Dunia

The great barrier reef di Queensland, Australia. (australian geographic)

Trubus.id -- Bagi Trubus Mania penyuka tantangan, bertualang ke alam liar tentu memuaskan adrenalin. Tak hanya membuat foto selfie serba hijau, pengalaman tak terduga juga bakal didapat di sana. Sebetulnya, musim panas adalah waktu terbaik untuk menjelajah wisata alam liar. Berikut beberapa kegiatan menarik saat menjelajahi hutan di penjuru dunia.

1. Amazon

Foto: world atlas

Terkenal dengan alam liarnya yang eksotis sekaligus berbahaya.Pengalaman menjelajahi Sungai Amazon dengan perahu motor tentunya takkan terlupakan. Selagi mengarungi sungai, wisatawan dapat menyaksikan satwa liar seperti kungkang, tukan, lumba-lumba merah muda hingga ikan piranha di habitatnya aslinya.

2. Belize

Berkano, berkuda dan menjelajah gua menjadi kegiatan wisata favorit turis ketika melancong ke belantara Belize. Belum lagi perairan Ambergris Caye di lepas Pantai Karibia yang sayang untuk tidak diselami. Selain dipenuhi oleh kuil-kuil bersejarah turunan Suku Maya, aksi satwa liar seperti kaiman hingga monyet howler juga dapat dinikmati di sini.

3. India

Termasuk harimau benggala yang kini terancam punah, India merupakan rumah bagi 500 spesies mamalia. Di sini, turis dapat menikmati wisata safari di sejumlah akomodasi mewah seperti Jamtara Wilderness Camp, Treehouse Hideaway, Singinawa atau Forsyth Lodge.

Baca Lainnya : Keren, Australia Punya Wisata Alam Batu Granit Raksasa

4. Queensland, Australia

Tak hanya dikelilingi ragam satwa seperti platipus, kanguru pohon dan juga oposum, Queensland di Australia sarat akan kehidupan terumbu karang. Taman Laut Great Barrier Reef yang tersohor merupakan salah satu di antaranya. Taman laut ini memiliki kurang lebih 3.000 jenis karang dan 900 pulau yang membentang di perairan sepanjang 2.600 kilometer. Di samping wisata terumbu karang, Taman Nasional Lamington dan hutan hujan di sekitar Danau Barrine juga tak boleh dilewatkan ketika singgah ke Australia.

5. Rwanda

Gorila gunung merupakan populasi gorila khas di Pegunungan Virunga, Afrika Tengah. Hewan ini kerap ditemui di tiga taman nasional di Afrika Tengah, salah satunya Taman Nasional Volcans di Rwanda. Dikutip dari CNN, selain berdiri sebagai taman nasional margasatwa, Taman Nasional Volcans juga memiliki kawasan penginapan sehingga urusan bermalam tak lagi memusingkan.

6. Ghana

Taman Nasional Kakum. Foto: deposit photos.

Terkenal dengan pemandangan dramatis, hutan hujan dan populasi suku unik, Ghana menawarkan sensasi wisata sarat budaya di belantara hijau Afrika Barat. Selama delapan hari perjalanan, pengunjung dapat menyaksikan perhelatan upacara voodoo, petualangan melalui hutan hujan di Taman Nasional Kakum hingga kunjungan ke istana era kolonial bersejarah dan desa nelayan setempat.

7. Brunei Darussalam

Terkenal akan keanekaragaman hayatinya, Brunei Darussalam merupakan salah satu habitat satwa liar eksotis di Asia. Brunei Darussalam menawarkan kesempatan menjelajahi Taman Nasional Ulu Temburong. Kegiatan meliputi perjalanan mengarungi belantara hutan hujan, perjalanan perahu, pendakian dan berenang di bawah derasnya air terjun.

8. Wilayah Selatan Indonesia

Taman Nasional Komodo. Foto: Istimewa.

Pulau Bali, Jawa, dan Nusa Tenggara menawarkan berbagai pesona keindahan alam dan bawah laut. Salah satunya adalah Pulau Komodo, rumah bagi binatang purba Komodo, sedangkan lautnya penuh dengan keindahan batu karang. Kunjungi juga keindahan alam pegunungan, hamparan teras padi di Bali dan Jawa. Jangan lupakan Bogor Botanical Garden yang memiliki 13.983 tanaman dan pohon, termasuk 500 spesies bunga anggrek.

9. Borneo

Rumah bagi sejumlah hutan hujan tertua di dunia, Borneo menyuguhkan kesempatan mendaki Gunung Kinabalu dan penjelajahan Sungai Kinabatangan. Melalui kegiatan ini, turis dapat menyaksikan langsung aksi orang utan, monyet bekantan, gajah kerdil, ular pohon hingga musang. [DF] 
 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: