Waspada Kemalingan Saat Penerbangan, Perhatikan 4 Hal Ini

TrubusTravel
Ayu Setyowati | Followers 0
28 Sep 2018   19:30

Komentar
Waspada Kemalingan Saat Penerbangan, Perhatikan 4 Hal Ini

Ilustrasi (Foto : Airport Technology)

Trubus.id -- Fasilitas check-in untuk memasukkan barang bawaan ke dalam bagasi pesawat seharusnya mengurangi rasa khawatir penumpang akan kehilangan barang. Namun ternyata tidak juga, karena kelengahan penumpang di dalam kabin justru menjadi celah pagi para “pencuri” di udara. 

Bukan sekali atau dua kali kasus kehilangan barang di bagasi pesawat dilaporkan, bahkan kabarnya ada oknum tertentu yang mengorganisir pencurian ini. 

Seperti yang terjadi baru-baru ini, seorang penumpang pesawat Malaysia Airlines MH 751, Faiz Mokhtar, dari Ho Chi Minh ke Kuala Lumpur melaporkan aksi kemalingan di kabin kelas bisnis. Insiden ini dibagikan ke khalayak umum melalui akun Facebook milik korban.

Baca Lainnya : Yuk, Kenali Istilah dalam Penerbangan Lebih Detail Lagi

Untungnya rekan bisnis korban berhasil menangkap basah aksi tersebut, sebelum barang-barang berhasil dibawa kabur. Saat itu ia melihat seorang penumpang membawa tas yang dicurigai adalah milik korban.

"Rekan bisnis saya menyuruh saya untuk memeriksa bawaan di bagasi kabin, dan benar saja tas saya sudah hilang," ujar Faiz, seperti dilansir CNN.

"Saya langsung menghampiri kursi pelaku ketika ia sedang merogoh ke dalam tas dan tangan kirinya memegang sejumlah mata uang asing milik saya yang tentunya ingin dicuri. Kami langsung melaporkan hal tersebut kepada awak kabin."

Walaupun jarang didapati, aksi pencurian ini umumnya ditargetkan kepada penumpang yang tertidur dalam perjalanan atau lengah akan barang bawaan.

Baca Lainnya : Ramah Lingkungan, Maskapai Penerbangan Ini Tidak Lagi Sediakan Sedotan Plastik

Rupanya, menurut kesaksian pramugari penerbangan, sindikat modus pencurian di dalam penerbangan tak hanya dijumpai di Malaysia, namun juga China, Hong Kong, dan Vietnam.

Faiz termasuk penumpang yang beruntung, karena pada umumnya korban baru menyadari insiden tersebut setelah barang-barang berhasil diboyong pelaku.

Agar terhindar dari insiden pencurian ketika melakukan perjalanan udara, berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  1. Jangan menyimpan sejumlah besar uang atau dokumen penting di bagasi kabin.
  2. Hindari menyimpan koper bawaan di bagasi kabin, simpanlah koper di dekat kamu.
  3. Gunakan kunci pengaman pada setiap koper. 
  4. Pastikan barang bawaan lengkap dan tak ada yang hilang, sebelum turun dari pesawat. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: