Keindahan Wihara di Taman Alam Lumbini Tak Kalah Cantik dengan Thailand

TrubusTravel
Diah Fauziah
09 Sep 2018   17:00 WIB

Komentar
Keindahan Wihara di Taman Alam Lumbini Tak Kalah Cantik dengan Thailand

Wihara yang ada di Taman Alam Lumbini, Berastagi, Sumatra Utara. (Kontributor Trubus.id/ Reza Perdana)

Trubus.id -- Kalau sekadar ingin berfoto dengan latar belakang wihara, Trubus Mania tak perlu jauh-jauh berlibur ke Thailand. Pasalnya, Kota Berastagi di Kabupaten Karo, Sumatra Utara, juga punya tempat wisata dengan latar belakang wihara yang indah.

Taman Alam Lumbini di Kota Berastagi menawarkan keindahan arsitektur dan ornamen wihara yang mirip dengan biara yang didiami para biksu di Thailand.

Di Desa Tongkoh, Kecamatan Dolat Rayat, Berastagi, Sumatara Utara, Trubus Mania bisa melihat langsung kemegahan wihara yang berfungsi sebagai tempat ibadah bagi umat Buddha.

Baca Lainnya : Fatuleu, Keindahan Puncak Gunung yang Beraroma Magis

Walau tempat ibadah, Taman Alam Lumbini dibuka untuk umum setiap hari. Tak perlu khawatir dipungut biaya masuk karena memang, masuk ke Taman Alam Lumbini gratis. Jika ingin melihat keindahan wihara, Trubus Mania bisa datang mulai pukul 9 pagi sampai 5 sore.

Hampir setiap hari, Taman Alam Lumbini dipadati pengunjung yang penasaran dan takjub akan keindahan wihara dan juga suasana di sekitarnya. Pengunjung yang datang tak hanya berasal dari sekitar lokasi, tapi juga dari luar kota. Bahkan, ada juga wisatawan mancanegara.

Randi, pengunjung dari Medan, mengatakan jika dirinya sengaja datang ke Taman Alam Lumbini untuk melihat langsung keindahan dan kemegahan wihara.

“Ini pertama kalinya saya datang ke sini. Sebelum datang, saya mencari informasi di internet tentang lokasi mana saja yang wajib dikunjungi saat berlibur ke Berastagi. Dan, saya jatuh hati pada Taman Lumbini ini,” ujar Randi, saat ditemui Trubus.id wihara, Minggu (9/9).

Baca Lainnya : Keindahan Ulu Kasok, Raja Ampat ala Kampar

Ia mengaku kaget karena di Berastagi, ada wihara yang mirip dengan yang ada di Thailand dan Myanmar.

“Waktu datang, saya kaget karena memang sangat mirip dan sangat besar. Wiharanya juga luas dan lokasinya asri," ujar Randi, tersenyum.

Tak hanya Randi, ada ratusan pengunjung lain yang juga sengaja datang untuk menikmati keindahan wihara yang ada di Taman Alam Lumbini. Wihara tersebut didominasi cat kuning kuning emas. Memiliki tinggi 46,8 meter; panjang 68 meter dan lebar 68 meter. Di wihara, ada 30 Rupang Arahat, 2.958 Rupang Buddha dan 108 relik suci.

Tak hanya wihara, pengunjung Taman Alam Lumbini bisa menikmati suasana taman yang cukup luas dan rapi. Apalagi, ada jembatan gantung yang cocok untuk menjadi latar Trubus Mania yang suka berfoto. [DF]
 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Hore! Kaldera Toba Terpilih jadi Unesco Global Park Baru

Destinasi   08 Juli 2020 - 17:46 WIB
Bagikan: