Fatuleu, Keindahan Puncak Gunung yang Beraroma Magis

TrubusTravel
Karmin Winarta
05 Sep 2018   15:00 WIB

Komentar
Fatuleu, Keindahan Puncak Gunung yang Beraroma Magis

Gunung, Fatuleu di Kupang, NTT (kab-kupang.go.id)

Trubus.id --Kupang, selain populer sebagai destinasi religi, keelokan alamnya juga sangat memukau. Beberapa destinasi wisata di Kupang, NTT yang wajib dikunjungi diantaranya: mata air belerang dan pantai-pantai elok lainnya.

Namun salah satu destinasi wisata yang unik adalah Gunung Fatuleu. Gunung yang berupa batu hitam menjulang ini memiliki ketinggian sekitar 875 meter di atas permukaan laut. Ini adalah puncak tertinggi di Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Gunung ini berada di Desa Nunsaen, Kecamatan Fatuleu Tengah. jaraknya sekitar 60 kilometer arah timur Kota Kupang. Perlu waktu sekitar 90-120 menit untuk menuju ke tempat eksotis ini dengan berkendara.

Baca Lainnya: Gading Haumara Membina 7 Sentra Kain Tenun Ikat di Sumba

Keelokan Gunung Fatuleu ini selain kondisi alamnya juga mitos yang beredar di masyarakat. Untuk mencapai puncak gunung ini, setiap pengunjung harus menaiki tangga menuju ke puncak Di puncak gunung, pengunjung bisa melihat eloknya pemandangan kota Kupang, terutama gedung-gedung atau perkantoran di Kabupaten Kupang.

(Foto: S Arianto)

"Selain udaranya yang masih bersih alami, mendaki puncak Gunung Futuleu, pengunjung juga bisa mencermati lekukan gunung yang cantik dan menyimpan magis, kata Nathan Gah, warga Kupang kepada Trubus.id , Rabu, (5/9)

Fatuleu dalam Bahasa Dawan (Timor) artinya Batu Keramat. Konon dulu tempat ini dijadikan tempat upacara adat dan tak boleh sembarang orang bisa masuk ke kawasan ini,

Baca Lainnya: Tenun Ikat Sumba, Kenapa Harganya Dianggap Mahal?

Bahkan masyarakat sekitar meyakini jika ada sembarang orang masuk ke kawasan ini bisa hilang dan tak kembali. Konon tempat ini juga sering didatangi para tentara sebelum mereka berangkat berperang. 

Namun saat ini tempat ini sudah dibuka untuk masyarakat umum. Dan untuk mencapai puncak Gunung Fatuleu kini lebih mudah karena sudah dibangun anak tangga sejak tahun lalu.

Beberapa destinasi wisata di Kupang yang perlu dikunjungi adalah: Panta Otan, Puru, Tablolong, Manikin, Liman, fatuberan, Teres, Taman Wisata Alam Camplong, Gua Kristal, Air Terjun Oenesu, Air terjun Tesbatan dan Monumen Australia.  [KW]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Bukit Kuneer, Favorit Baru di Kota Malang

Destinasi   08 Nov 2019 - 16:20 WIB
Bagikan: