Embung Kledung, Wisata Alam Apik Temanggung di Lereng Gunung Sindoro

TrubusTravel
Ayu Setyowati
08 Agu 2018   22:00 WIB

Komentar
Embung Kledung, Wisata Alam Apik Temanggung di Lereng Gunung Sindoro

Embung Kledung, waduk mini yang menghadap ke Gunung Sindoro di Jawa Tengah. (TravelingYuk)

Trubus.id -- Selama ini, Kabupaten Temanggung dikenal sebagai penghasil tembakau. Namun, letak geografisnya yang diapit oleh Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing, membuat wisata alam di Temanggung tak bisa dipandang sebelah mata. Selain wisata posong yang selama ini jadi andalan, sekarang ini Embung Kledung mulai diminati para wisatawan. Bahkan, pemandangan yang disajikan mirip seperti Gunung Fuji di Jepang, loh.

Embung Kledung merupakan waduk mini atau kolam raksasa yang dibangun di lereng Gunung Sindoro bagian selatan. Embung ini dibangun dengan tujuan mengantisipasi kesulitan air pada musim kemarau dan pengembangan kawasan wisata baru. Daya tarik yang ditawarkan adalah pemandangan waduk mini dengan latar Gunung Sindoro dan juga keindahan Gunung Sumbing dari kawasan perbukitan.

Lokasi Embung Kledung 

Embung yang berada di Desa Kledung, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung dengan ukuran seluas 83 x 83 meter ini merupakan embung buatan yang dibuat pada 2010.

Berada di atas lahan bekas perkebunan tembakau seluas empat hektare, embung ini dibangun dengan menggunakan dana hasil cukai tembakau.

Untuk mencapai Embung Kledung pun tidak terlalu sulit. Jika dari Jogja, cukup mengambil rute menuju Wonosobo melewati Temanggung dan Parakan. Dari Parakan, Trubus Mania bisa langsung menuju Desa Kledung. Waktu tempuhnya cukup singkat, hanya memakan waktu sekitar 2,5 hingga tiga jam saja. 

Kawasan Agrobisnis 

Dahulu, sebelum embung dibangun, hanya tanaman tembakau yang bisa bertahan di wilayah ini saat musim kemarau. Lain halnya dengan sekarang di mana para petani bisa menanam tanaman lain, misalnya buah-buahan, sayuran, dan bunga yang punya nilai ekonomi lebih tinggi.

Kebun Teh 

Di kawasan ini juga terdapat kebun teh yang cukup luas, di mana pemandangan dan suasananya tidak kalah dengan daerah Puncak di Jawa Barat. Di bidang wisata agrobisnis, potensi yang akan dikembangkan antara lain pengembangan balai penelitian dan agro industri kentang, pengembangan experience tourism saat musim tembakau tiba dan agrowisata Kledung Pass dengan penanaman stroberi, sayuran atau hortikultura.

Harus diakui, pemandangan yang tersaji di Embung Kledung ini indah. Bahkan, membuat kita merasa sedang berada di Eropa. Suasana lereng gunung yang dingin ditambah pemandangan hijau dari pepohonan dan gunung, sangat cocok untuk Trubus Mania penggemar wisata alam.

Selain itu, tempat ini juga sangat bagus untuk objek foto karena memiliki latar belakang Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing serta ratusan pohon cemara. Jika ingin berkunjung, disarankan untuk datang pada pagi atau sore hari karena udaranya sangat sejuk. [DF]

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Bukit Kuneer, Favorit Baru di Kota Malang

Destinasi   08 Nov 2019 - 16:20 WIB
Bagikan: