Tower of The Winds, Stasiun Cuaca Pertama di Dunia

TrubusTravel
Karmin Winarta | Followers 0
25 Juli 2018   23:00

Komentar
Tower of The Winds,  Stasiun Cuaca Pertama di Dunia

Tower of The Winds (Foto : Viacheslav Lopatin/Shutterstock)

Trubus.id -- Mengunjungi tempat-tempat bersejarah memang mengasyikan dan perlu. Karena tempat-tempat ini menyimpan begitu banyak pengetahuan yang sebelumnya kita tak pernah tahu. Salah satu tempat yang layak diziarahi itu adalah Tower of The Winds atau Menara Angin yang dinamai Horologion Andronikos Kyrrhestes.

Bangunan ini berbentuk menara, terbuat dari marmer berbentuk segi delapan. Bangunan ini berada di Roman Agora, Athena. Bangunan megah ini dianggap sebagai stasiun meteorologi pertama di dunia.

Menara ini dibangun sejak lebih dari 2.000 tahun lalu. Menara ini sengaja memiliki delapan sisi karena disesuaikan dengan jumlah mata angin. Pada bangunan ini juga dilengkapi jam matahari dan baling-baling angin untuk menunjukkan arah angin dan jam air yang bisa dibaca dalam kegelapan.

Baca Lainnya: Yoghurt Islandia, Pilihan Lebih Baik dari Yoghurt Yunani?

Baling-baling cuaca itu terbuat dari Triton perunggu dan berisi jam air untuk mencatat waktu kapan matahari tidak bersinar. Menara ini dipakai  para pedagang untuk membaca cuaca dan memprediksi kapan barang mereka akan tiba lewat laut.

Menara ini konon dibangun oleh Andronicus dari Cyrrhus (sekitar 50 SM) tetapi menurut sumber lain, menara itu dibangun pada abad ke-2 SM. Selama zaman Romawi menara itu dirusak. Kemudian, gedung itu menjadi menara jam untuk gereja Ortodoks Timur. Di bawah kekuasaan Ottoman, monumen ini juga digunakan sebagai tempat pemujaan oleh Sufi Muslim.

Monumen itu tertutup untuk umum sejak para darwis pergi pada tahun 1828. Baru pada tahun 2016 menara itu dipulihkan dan dibuka untuk umum setelah hampir dua ratus tahun terlantar. Trubus Mania berminat ke sana? [KW]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: