Eksotisme Bukit Matang Kaladan di Kalimantan Selatan

TrubusTravel
Ayu Setyowati
20 Juli 2018   21:00 WIB

Komentar
Eksotisme Bukit Matang Kaladan di Kalimantan Selatan

Bukit Matang Kaladan di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan. (Sportourism)

Trubus.id -- Satu lagi tempat wisata yang lagi booming di Instagram, Bukit Matang Kaladan namanya. Bukit ini berada di Riam Kanan, cukup dekat dari Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Kawasan perbukitan ini dapat dicapai hanya dalam waktu kurang lebih dua jam dari pusat kota. Karena lokasinya yang terjangkau dan cukup strategis tersebut, para wisatawan pasti tidak akan melewatkan kesempatan mengunjungi Bukit Matang Kaladan ini jika sedang berlibur ke Kalimantan Selatan.

Dikutip dari Sportourism, perjalanan menuju bukit nan hijau ini dimulai dari Desa Tiwingan Lama. Ketika memasuki lokasi pendakian bukit, terdapat biaya retribusi yang harus dibayarkan sebesar Rp3 ribu dengan biaya parkir kendaraan mulai dari Rp5 ribu hingga Rp10 ribu. Setelah itu, diarahkan ke titik perjalanan pendakian bukit dimulai.

Baca Lainnya : Keindahan Sawah di Desa Wisata Pentingsari Bikin Hati Tenteram

Awalnya pendakian dapat ditempuh dengan cukup santai dan mudah juga sejuk dengan hembusan angin perbukitan. Namun, sekain lama, sudut pendakian semakin curam, mendekati 60 derajat.

Akan sangat melelahkan bagi Trubus Mania yang tidak terbiasa melakukan pendakian. Namun, pihak pengelola wisata telah menyediakan bantuan tali di sepanjang pendakian untuk membantu pendaki menempuh perjalanan.

Perjalanan pendakian menuju puncak bukit Matang Kaladan memang tidak mudah. Tidak heran jika ada banyak pengunjung yang sering menyerah. Lama pendakian berbeda-beda setiap orangnya, tergantung stamina dan pengalaman dari masing-masing individu. Namun, rata-rata pendaki membutuhkan waktu 30 menit untuk mencapai puncak bukit yang memiliki view yang sangat memukau.

Baca Lainnya : Keindahan Alam Raja Ampat di Mata Presiden Jokowi

Sesampainya di puncak bukit, Trubus Mania pasti akan terkesima. Warna dominan hijau yang memenuhi indera mata akan mengalihkan perhatian. Pemandangan bukit yang menampilkan bendungan Riam Kanan juga pulau-pulau kecil di sekitarnya benar-benar mempesona. Bahkan, banyak orang menjuluki puncak bukit Matang Kaladan ini sebagai Raja Ampat milik Kalimantan.

Katanya, waktu paling tepat untuk berada di puncak Bukit Matang Kaladan adalah saat matahari terbit karena dapat menyaksikan pemandangan paling indah dari semua waktu. Bagi yang ingin mencari spot-spot menarik, dapat memanfaatkan beberapa titik foto dan juga hammock di sekitar untuk mendapatkan kualitas foto terbaik.

Menarik, ya! [DF]


 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Hore! Kaldera Toba Terpilih jadi Unesco Global Park Baru

Destinasi   08 Juli 2020 - 17:46 WIB
Bagikan: