Kemping Riang, di Bumi Perkemahan Citamiang

TrubusTravel
Syahroni | Followers 2
12 Juli 2018   07:00

Komentar
Kemping Riang, di Bumi Perkemahan Citamiang

Lokasi wisata Citamiang, Puncak, Bogor. (Foto : Trubus.id/ Syahroni)

Trubus.id -- Kawasan puncak, Bogor menyimpan beragam tempat wisata yang bisa memanjakan mata para pengunjungnya. Dari sekian banyak lokasi wisata yang ditawarkan, lokasi wisata alam yang paling banyak jadi tujuan.

Salah satu lokaksi wisata yang tidak boleh dilewati di Puncak, salah satunya adalah lokasi wisata Citamiang. Bumi Perkemahan dengan segudang Fasilitasnya yang bertemakan ekologi ini menawarkan kedekatan pengunjung dengan alam yang khas Puncak.

Lokasi Wisata Citamiang berada di Kampung Pondok Rawa, Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Bogor. Tempatnya hanya berkisar kurang lebih 400 meter sebelum gerbang Wisata Gunung Mas, jika anda dari arah Bogor.

Ketika sampai di objek wisata ini, pemandangan hutan pinus dan perkebunan teh hijau akan langsung memanjakan mata. Semakin masuk ke dalam, beberapa bangunan terbuat dari kayu yang terselip di rerimbunan pinus mulai tampak menyegarkan mata.

Jika anda ingin merasakan sensasi menginap di pondokan kayu tersebut, anda cukup merogoh kocek Rp480 ribu per malamnya. Fasilitas yang disediakan berupa pondokan yang bisa dihuni sekeluarga, lengkap dengan kamar tidur dan kamar mandinya.

Jika anda ingin lebih dekat dengan suasana alam, lokasi wisata Citamiang juga menawarkan pondokan mungil berupa rumah kerucut yang bisa dihuni sebuah keluarga kecil berjumlah 3 orang. Untuk menikmati sensasi menginap di rumah mungil berwarna-warni ini, pengunjung cukup membayar Rp350 ribu.

Pun demikian, ada lagi fasilitas penginapan seharga Rp250 ribu yang disediakan pengelola. Fasilitasnya berupa tenda kemping lengkap dengan alas tidurnya. 

Yah, lokasi wisata Citamiang memang kerap dijadikan lokasi untuk melakukan kegiatan kemah hingga aktivitas luar ruangan lainnya (outbound). Berada di dataran tinggi kota Bogor, karena itulah wisata Citamiang memiliki suhu yang sangat sejuk.

Sementara itu, untuk kalian yang suka dengan kegiatan berpetualang, jalur treking tersedia di sini. Tentu saja, kalian bisa mencoba jalur ini demi mendapatkan pengalaman baru. kawasan wisata Citamiang sendiri berdiri di areal seluas 10 hektare. Namun demikian, baru 3 hektare yang dikelola sebagai lokasi wisata. Sisanya, masih berupa perkebunan kopi dan teh khas kawasan puncak. 

Lokasi wisata Citamiang sendiri sempat ternama karena spot taman herbalnya. 
Di taman herbal ini, puluhan spesies tanaman herbal bisa didapat sekaligus dipelajari dari ahlinya secara langsung. Namun sayangnya, sejak longsor melanda 5 Februari silam, taman herbal di lokasi itu hancur terseret material longsor.

Irawan, anggota Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) yang mengelola kawasan ini menceritakan, taman herbal dibangun bersama Yayasan Tunas Mandiri (Nastari) Bogor. Namun belum lama diperkenalkan ke publik, musibah itu tiba.

"Hancur semua, kanopi dan jembatannya juga hancur kena longsor. Tanamannya nggak ada yang tersisa," jelas Irawan kepada Trubus.id, Selasa (10/7) kemarin.

Namun demikian, Irawan mengaku, pihaknya akan kembali membangun taman herbal tersebut. Namun demikian, pemilihan lokasi taman herbal itu akan lebih naik ke atas perbukitan guna menghindari petaka yang sama terjadi.

"Lagi dicari tanah yang stabil, biar bisa ditanam lagi. Lagi masa pemulihan lagi usai longsor puasa kemarin," katanya.

Pun demikian, luluh lantahnya taman herbal di lokasi wisata ini tak menyurutkan minat pengunjung yang datang berwisata ke lokasi ini. Elang, seorang pengunjung asal Serang, Banten yang tengah menginap di lokasi wisata ini mengaku cukup kerasan menikmati pemandangan alam di lokasi wisata Citamiang.

Ia beserta istri dan seorang anaknya menyewa rumah mungil di bumi perkemahan tersebut untuk menghabiskan waktu liburannya. Ia pun berharap, pengembangan wisata Citamiang tetap dijalankan tanpa mengeyampingkan dampak lingkungannya.

"Harapannya sih masih tetap asri seperti sekarang ini. Wisata ramai, tapi tetap tidak merusak lingkungan. Kan sayang, lokasi sebagus ini kalau sampai rusak," ujar Elang kepada Trubus.id. 

Tertarik berwisata ke lokasi wisata Citamiang? 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: