Selain Nori, Ini Dia 5 Jenis Rumput Laut yang Kamu Perlu Tahu

TrubusTravel
Ayu Setyowati | Followers 0
12 Juli 2018   06:00

Komentar
Selain Nori, Ini Dia 5 Jenis Rumput Laut yang Kamu Perlu Tahu

Rumput laut, makanan kaya akan nutrisi yang bikin kulit sehat dan tubuh ramping. (Foto : four for the day)

Trubus.id -- Seaweed alias rumput laut belakangan ini sedang populer digunakan sebagai pilihan rasa untuk berbagai jenis makanan. Tahukah Trubus Mania kalau sejak dulu, rumput laut sudah jadi superfood orang Jepang? Ya, makanan ini kaya akan nutrisi yang bikin kulit sehat dan tubuh ramping serta bugar.

Dikabarkan Savvy Tokyo, rumput laut populer di Jepang bukan hanya sebagai makanan melainkan sebagai vitamin, pupuk, perawatan medis, dan bahkan untuk kecantikan.

Nori adalah rumput laut yang paling populer dibandingkan jenis rumput laut lainnya. Tampilannya terlihat hijau gelap, padahal aslinya, nori diracik dari ganggang merah yang diolah dan dikeringkan hingga menjadi hijau gelap kehitaman. Nori mengandung iodine, potasium, vitamin B12 serta rendah kalori, membuatnya cocok jadi camilan.

Mengonsumsi selembar nori sudah memenuhi setengah asupan yodium harian, loh. Belum lagi kandungan Vitamin B12 yang baik untuk sistem saraf dan pembentukan sel darah merah. Meskipun namanya sama-sama rumput laut, tapi makanan ini tersedia dalam berbagai jenis dan manfaatnya, loh. Kenali beberapa jenis rumput laut berikut ini.

1. Kombu

Foto: Favy

Produk rumput laut yang biasa dikonsumsi. Bentuknya lembaran panjang, seperti rumput laut asli yang tumbuh di laut. Kombu kaya akan nutrisi yang baik untuk menyeimbangkan produksi sel, melancarkan pencernaan, menguatkan fungsi tiroid hingga membuat rambut dan kuku tampak berkilau. Kombu juga kaya zat besi dan serat alami.

Rasa kombu yang umami membuatnya sering dijadikan bahan untuk membuat kaldu ala Jepang yang dikenal sebagai dashi. Tidak heran jika banyak sup ala Jepang yang dibuat dengan tambahan kombu seperti sup kaldu nabe, miso, shabu-shabu dan lainnya.

2. Wakame

Tampak mirip seperti kombu, namun lebih lembut dan lezat. Wakame adalah sumber vitamin dan mineral mulai dari yodium, kalsium, zat besi, fosfor, kalium, natrium, seng, magnesium, vitamin A, vitamin C, vitamin D, vitamin E, vitamin K, dan vitamin B2.

Wakame juga mengandung antioksidan hingga asam folat. Ini alasannya kenapa wakame baik untuk dikonsumsi ibu hamil dan menyusui. Selain itu, wWakame juga aman dikonsumsi pengidap kolesterol tinggi karena mengandung fucoxanthin yang merangsang hati untuk meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

Baca Lainnya : Terbuat dari Rumput Laut, Puding Ini Enggak Bikin Gemuk Loh

Kandungan dalam wakame juga membantu meningkatkan energi, mengurangi kecemasan dan depresi. Orang Jepang biasa menyantap wakame sebagai campuran sup miso, salad, udon, tempura bahkan spageti.

3. Hijiki

Biasa dijual dalam bentuk kering seperti teh, hijiki terbilang murah dan mudah diolah. Padahal, rumput lain ini memiliki kandungan nutrisi yang tak kalah banyak.

Hijiki kaya akan mineral penting seperti magnesium, kalsium, zat besi. Merupakan sumber serat makanan sehat, penting untuk meningkatkan kesehatan pencernaan. Banyak orang Jepang percaya bahwa, mengonsumsi rutin hijiki bisa menghasilkan rambut berkilau yang tebal dan hitam. Umumnya, hijiki dimakan dengan cara ditambahkan dalam salad atau nasi. Selain itu, hijiki biasa dimasak langsung bersama nasi agar lebih gurih.

4. Mozuku

Foto: Favy

Sejenis rumput laut cokelat yang merupakan kebanggaan masyarakat Okinawa. Hampir 100 persen produksi dunia dibuat di kepulauan Selatan Jepang, yang dikenal sebagai tempat dengan harapan hidup manusia terpanjang.

Meskipun sebagian besar diproduksi di Okinawa, Trubus Mania dapat dengan mudah menemukannya di supermarket manapun di Jepang. Mozuku rendah kalori, tinggi mineral dan polisakarida khusus yang dikenal sebagai fucoidan. Membuatnya menjadi antiinflamasi, antioksidan, serta meningkatkan kekebalan tubuh.

Mozuku juga kaya serat, bagus dikonsumsi untuk mengatasi masalah pencernaan. Vitamin K dalam mozuku juga berperan menjaga kesehatan darah dan mengurangi resiko pembekuan darah. Mozuku enak diolah jadi salad sayuran.

5. Aonori

Di Jepang, aonori paling sering digunakan sebagai bubuk bumbu untuk berbagai hidangan. Memiliki kandungan yang baik untuk kulit, pencernaan, rambut bahkan kesehatan gigi. Aonori juga diperkaya dengan mineral, antioksidan dan berbagai vitamin, A, C, E, K dan B kompleks seperti B1, B2, Niacin, B6, B12 dan folat.

Aonori juga mengandung mineral seperti kalsium, natrium, kalium, magnesium, fosfor, besi, mangan, seng, tembaga, selenium, kromium dan molibdenum. [DF]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan: