Ragam Makanan Khas Indonesia Sedapkan Rasa Lebaran di Denmark

TrubusTravel
Binsar Marulitua
17 Juni 2018   06:00 WIB

Komentar
Ragam Makanan Khas Indonesia Sedapkan Rasa Lebaran di Denmark

Ilustrasi (Istimewa)

Trubus.id -- Menyambut hari raya lebaran, KBRI Kopenhage meyelenggarakan Halal Bihalal dan "Open House" untuk mempererat tali silaturahmi dan saling memaafkan. Ragam kuliner Nusantara pun disajikan oleh masyarakat Indonesia dan untuk mengobati kerinduan berlebaran di tanah air .

Kuliner khas Indonesia seperti lontong cap go meh, opor ayam, telur pindang, sambal goreng ati, siomai, sayur sambal goreng pepaya, rebung, kaldu madura dan empek-empek Palembang disajikan oleh Chef Rusliyawan yang menjadi hidangan dalam perayaan Idulfitri di Denmark.

Selain itu kuliner juga dilengkapi dengan aneka jajanan pasar seperti kue mangkok, dodol, winko babat, tape ketan hitam, risoles dan serta es campur.

Baca Lainnya : Indonesia-Denmark Berkolaborasi Atasi Masalah Sampah

Pensosbud KBRI Kopenhagen Ismail Pulungan menyebutkan, cuaca di Kopenhagen yang cukup baik, meskipun bukan hari libur nasional di Denmark namun seluruh masyarakat terlihat antusias dan mereka tidak terhalang untuk melaksanakan Shalat Ied dan menghadiri open house di Wisma Duta.

"Pada hari Jumat, masyarakat muslim Indonesia di Denmark berbondong-bondong mendatangi tempat salat Idulfitri di Denmark setelah berpuasa selama sebulan dan merupakan salah satu negara dengan waktu puasa terpanjang di Dunia," jelasnya seperti keterangan tertulis yang diterima, Sabtu (16/6).

Selain menghidangkan kuliner khas Nusantara, KBRI Kopenhagen menyelenggarakan salat Idulfitri bersama masyarakat dan diaspora muslim Indonesia yang tinggal di Kopenhagen. Kegiatan diawali dengan gema takbir dan tahmid bersama, dipimpin langsung Dubes RI untuk Kerajaan Denmark, M. Ibnu Said. 

Baca Lainnya : Jokowi dan PM Denmark Sepakat Bekerjasama di 3 Bidang Penting Ini

Shalat Ied diselenggarakan di Wisma Duta dengan Imam adalah Ust. Kun Mahardi, dan yang bertindak selaku khatib adalah Ust. Rahmat Suryana. 

Pada kesempatan tersebut, Khatib mengajak masyarakat untuk meningkatkan amal ibadahnya selepas bulan Ramadan. Khatib juga menghimbau agar masyarakat muslim yang tinggal di Denmark senantiasa meningkatkan kejujuran, keimanan, ketaqwaan dan silaturahi setelah Ramadan dan dalam perayaan hari kemenangan ini.

Acara Idulfitri ini selain diikuti masyarakat dan diaspora Indonesia di Denmar,  juga diikuti oleh sejumlah pelajar dan mahasiswa dari kota Malmo Swedia yang merupakan kota perbatasan dan terdekat dari Ibukota Kopenhagen, serta keluarga besar KBRI Kopenhagen. [NN]

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Hore! Kaldera Toba Terpilih jadi Unesco Global Park Baru

Destinasi   08 Juli 2020 - 17:46 WIB
Bagikan: