Kapal Karam dengan Harta Karun US$ 22 Miliar Ditemukan

TrubusTravel
Ayu Setyowati
01 Juni 2018   13:00 WIB

Komentar
Kapal Karam dengan Harta Karun US$ 22 Miliar Ditemukan

Bangkai kapal San Jose yang karam. (Foto: Popular Mechanics)

Trubus.id -- Jika kamu berpikir bangkai kapal karam yang sarat dengan harta karun hanya ada dalam dongeng bajak laut, pikirkan lagi. Terletak di bagian bawah Karibia di lepas pantai Kolombia, ada kapal layar Spanyol yang tenggelam. Dan, kapal itu dipenuhi dengan emas sebesar US$ 22 miliar.

Dikutip dari Travel Nine, kapal yang dikenal sebagai San Jose itu jatuh pada 8 Juni 1708. Bersamaan dengan itu, semua 600 orang di dalamnya, serta harta emas, perak, dan zamrud diseret ke dasar lautan. di mana mereka akan tinggal selama 300 tahun ke depan.

Keberadaan kapal itu menjadi misteri sampai WHOI yang berbasis di Massachusetts (Woods Hole Oceanographic Institute) berhasil menangkap gambar yang menempatkan San Jose di lebih dari 600 meter air.

Pihak berwenang telah berhasil menjaga kapal yang dijuluki holy grail secara rahasia sejak itu. Namun, rincian baru tentang penemuan itu baru saja dirilis.

"Kami telah menahan ini karena menghormati pemerintah Kolombia," kata Rob Munier, wakil presiden WHOI untuk fasilitas dan operasi laut.

"Reruntuhan itu sebagian tertutup sedimen, tetapi dengan gambar kamera dari misi ketinggian yang lebih rendah, kami dapat melihat detail baru di reruntuhan dan resolusinya cukup bagus untuk melihat ukiran dekoratif pada meriam," kata Mike Purcell, insinyur WHOI dan pemimpin ekspedis.

Tidak mengherankan lantaran harta tersebut telah menjadi subjek pertempuran hukum antara beberapa negara dan juga perusahaan swasta. Sejak itu, UNESCO, badan kebudayaan PBB, meminta Kolombia tidak secara komersial mengeksploitasi bangkai kapal, yang lokasi tepatnya masih menjadi rahasia negara.

Treasure hunt, anyone? [DF]


 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Hore! Kaldera Toba Terpilih jadi Unesco Global Park Baru

Destinasi   08 Juli 2020 - 17:46 WIB
Bagikan: